cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Teaching and Learning Physics
ISSN : 25285505     EISSN : 25803107     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. The editors welcome scholars, researchers and practitioners of education around the world to submit scholarly articles to be published in this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics published periodically every February and August (twice a year).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)" : 7 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS FISIKA SISWA SMA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS DI MASA PANDEMI COVID-19 Farikhatul Mukharomah; Wiyanto Wiyanto; Ngurah Made Darma Putra
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i1.10391

Abstract

Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 yang tidak maksimal memberikan dampak terhadap kemampuan literasi sains, termasuk literasi sains fisika. Terlebih fakta di Indoensia, kemampuan literasi sains siswa masih rendahmenurut hasil PISA. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan awal literasi sains fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Jepara di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 71 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Jepara. Data dikumpulkan dengan wawancara dan tes secara online. Domain kemampuan literasi sains yang diukur adalah domain kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains fisika siswa pada materi kinematika gerak lurus pada domain kompetensi sebesar 57,50% masih dalam kategori pencapaian “rendah”. Oleh sebab itu, kemampuan literasi sains fisika siswa perlu ditingkatkan. Salah satu faktor rendahnya kemampuan literasi sains fisika ini adalah proses pembelajaran daring yang belum menerapkan kegiatan praktikum. Maka dari itu, upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains fisika tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan praktikum berbasis literasi sains secara daring
PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK PESERTA DIDIK Vira Novia Riska; Rahmi Zulva; Silvi Trisna
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i1.10620

Abstract

The purpose of this study was to create a physics module oriented to the inquiry learning model that is valid and practical due to the lack of attractive teaching materials. This research is a research and development using the inquiry model. The type of research used in this research is Research and Development (R&D). The subjects in this study were 28 educators and students. The research procedure used in this study is a 4-D model, namely define design, develop, and disseminate. The instruments used in this study were the product validation sheet and the product practicality sheet. Based on the validation results, it is found that the module has a very valid category with a percentage of 83.91% and a very practical category with a percentage of 92.65%. Modules can be used in the learning process in the classroom to help students understand.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KOSAJI TERHADAP ASPEK KOGNITIF FISIKA PESERTA DIDIK Rumansyah Rumansyah; Kurniawan Arizona
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i1.10480

Abstract

Aspek kognitif merupakan ranah yang paling disoroti oleh pendidik. Perlu adanya model pembelajaran yang tepat untuk menghantarkan peserta didik meraih hasil belajar kognitif yang tinggi. Salah satu model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk meraih aspek kognitif yang baik adalah model pembelajaran koopertaif tipe KOSAJI. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe KOSAJI terhadap hasil belajar kognitif. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain pretest posttest group design. Populasi penelitian adalah 260 peserta didik kelas X di salah satu SMA negeri di Kota Mataram yang tersebar pada 7 kelas. Sampel penelitian berjumlah 116 peserta didik, terbagi menjadi 3 kelas dengan teknik pengambilan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif yang diberikan pada awal dan akhir penelitian. Data hasil penelitian dianalisis dengan Anava satu jalur dilanjutkan dengan uji Tukey HSD untuk melihat model pembelajaran yang memiliki pengaruh paling nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran kooperatif tipe KOSAJI berpengaruh terhadap aspek kognitif fisika peserta didik.
HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ABAD 21 DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA Yanti Sofi Makiyah; Ifa Rifatul Mahmudah; Dwi Sulistyaningsih; Ernita Susanti
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i1.9412

Abstract

Communication skills and problem solving skills are indispensable and must be trained to pre-service physics teachers in the 21st century. The purpose of this study was to analyze the relationship between communication skills and problem solving skills of physics education students at mechanics courses. The research subjects were 65 physics education students 2019/2020 academic year taking mechanics courses. The research instrument used communication skills observation sheet, case description test and an interview conducted by three observers. The results of data analysis showed positive correlation in medium category between communication skills and problem solving skills with a correlation coefficient value of 0.50. The contribution of communication skills to problem solving skills by 25%.
Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Menggunakan Instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) pada Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas Sheila Mutiara Inggit; Winny Liliawati; Iyon Suryana
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i1.11016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi dan penyebabnya pada materi fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-eksploratif. Partisipan penelitian ini yaitu peserta didik salah satu SMA Negeri di Kota Banding dan dua SMA Negeri di Kab. Kuningan dengan jumlah 217 peserta didik (72 laki-laki dan 145 perempuan). Instrumen yang digunakan dalam mengidentifikasi miskonsepsi ini adalah Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) yang terdiri dari 11 butir soal pilihan ganda lima tingkat. Penelitian ini menggunakan analisis CDQ (Confidence Discrimination Quotient). Berdasarkan hasil analisis CDQ menunjukkan bahwa terdapat 17 miskonsepsi yang teridentifikasi. Persentase miskonsepsi tertinggi yaitu 81% pada konsep tekanan hidrostatis. Penyebab miskonsepsi yang terdeteksi dalam penelitian ini adalah pemikiran peserta didik dan penjelasan guru. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) menggunakan teknik analisis CDQ dapat mengidentifikasi miskonsepsi apa saja yang dialami oleh peserta didik dan penyebab miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik.
INVESTIGASI MODEL MENTAL KONDUKSI KALOR SISWA SMA Elsa Karolina Karo-Karo; Ika Mustika Sari; Irma Rahma Suwarma
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i1.10987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi profil model mental konduksi kalor siswa SMA yang belum belajar kalor dan siswa SMA yang sudah belajar kalor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Partisipan yang terlibat pada penelitian ini adalah siswa belum belajar materi kalor (Kelas X) 15 orang dan siswa sudah belajar materi kalor (Kelas XI) 15 orang dari salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan berupa protokol wawancara dari Chiou (2010) yang terdiri dari tiga tahapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil konsepsi konduksi kalor yang ilmiah dimiliki oleh 2 orang siswa yang sudah belajar kalor dan profil model mental konduksi kalor yang ilmiah ditemukan pada 2 orang siswa sudah belajar kalor. Hasil tersebut menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan model mental siswa yang belum belajar kalor dengan siswa yang sudah belajar kalor. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi pembentukan model mental ilmiah.
Cover, Introduction, Table of Contents Journal Manager
Journal of Teaching and Learning Physics Vol 6, No 1 (2021): Journal of Teaching and Learning Physics (Februari 2021)
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jotalp.v6i1.13242

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 7